Bundesliga menggeser Serie A dari 3 Besar UEFA

07.37


Jerman akan mendapat jatah empat tempat di Liga Champions 2012/2013 setelah naik ke peringkat 3 ranking koefisien UEFA menggeser Italia. Sementara tim-tim Bundesliga yang menempati peringkat 5 dan 6 klasemen akan lolos ke Liga Europa.

“Italia tak lagi bisa finis di posisi 3 Besar musim ini,” kata Liga Sepakbola Jerman (DFL) dalam pernyataan yang dikeluarkan, Jumat (25/2). “Ranking baru memberikan tempat bagi tiga tim Bundesliga di fase grup dan satu tempat di babak playoff.”

Sebaliknya, mulai 2012 Italia hanya memperoleh jatah tiga tempat di Liga Champions. Tim peringkat pertama dan kedua Serie A akan lolos ke fase grup dan tim peringkat 3 akan berlaga di babak kualifikasi. Tim peringkat 4 dan 5 akan lolos ke Liga Europa.

Dalam rangkin koefisien UEFA saat ini Jerman berada di bawah Inggris dan Spanyol dengan 68,103 poin sementara Italia menduduki peringkat 4 dengan 59,981 poin.

Presiden DFL, Reinhard Rauball, juga optimistis Jerman akan naik ke posisi lebih tinggi dalam beberapa tahun ke depan.

“Dengan sedikit kesabaran saya yakin kami bisa menggeser Spanyol (dari 2 Besar) dalam waktu tak terlalu lama,” ujar Rauball.

Italia mendapat pukulan telak Rabu lalu setelah juara Liga Champions musim lalu, Inter Milan, kalah 0-1 di kandang dari runners-up, Bayern Muenchen, dalam leg pertama 16 Besar. Sepekan sebelumnya, AC Milan dan AS Roma juga mengalami nasib yang sama.

Satu wakil Italia lainnya, Sampdoria, sudah lebih dulu tersingkir di babak kualifikasi.

Kegagalan Italia berlanjut hingga Kamis (24/2) saat Napoli, klub Serie A terakhir di Liga Europa, disingkirkan oleh Villarreal di babak 32 Besar dengan kekalahan 2-1. Situasi ini membuat Italia terancam tanpa wakil di babak-babak berikutnya di kancah Eropa musim ini.

Prestasi lebih baik dicatat tim-tim Bundesliga. Selain Muenchen yang meraih kemenangan, Schalke 04 berhasil meraih hasil imbang di kandang Valencia di Liga Champions sementara Bayer Leverkusen lolos ke 16 Besar Liga Europa. Satu-satunya tim Jerman yang tersingkir di kancah Eropa adalah VfB Stuttgart yang dikalahkan Benfica di 32 Besar Liga Europa.

Grafik prestasi tim-tim Italia di Eropa belakangan terus menurun. Setelah sempat berjaya di era 1990-1999 saat memenangi 13 trofi Eropa (3 Liga Champions, 7 Piala UEFA dan 3 Piala Winners), mereka hanya merebut tiga gelar juara Liga Champions sejak 2000.
sumber:tempointeraktif.co

m

You Might Also Like

0 komentar

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komennya

Page View

Site info


Check Google Page Rank

free counters