Melihat sesuatu dari perspektif berbeda, terkadang menjadi solusi kebuntuan.

Jumat, 20 Agustus 2010

Kebiasaan buruk yang merusak Otak


Tanpa sadar kita melakukan kebiasaan yang menurut kita wajar padalah kebiasaan ini bisa merusak otak. Berikut adalah beberapa kebiasaan tersebut :
1. Tidak Makan Pagi
Mungkin ada banyak orang tidak menganggap sarapan penting. Bahkan menyepelekan sarapan. Padahal bila tidak sarapan pada pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berujung pada kemunduran otak. Sarapan yang baik di pagi hari bukan makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh!

2. Terlalu Banyak Makan.
Terlalu banyak makan juga tidak baik karena mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makan dengan porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum kekenyangan.

3. Merokok
Rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang tahu akan hal itu. Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok berakibat sangat mengerikan pada otak!! Bayangkan, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap rokok. Tak ayal di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).

4. Kebanyakan Mengkonsumsi Gula
Terlalu banyak konsumsi gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh yang mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan manis.

5. Polusi Udara
Otak merupakan bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama di lingkungan dengan udara berpolusi mengakibatkan kerja otak tidak efisien.

6. Kurang Tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.

7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir Keras Ketika Sedang Sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak Anda.

9. Kurangnya Stimulasi Otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. Jarang Bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda.

sumber : detik.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komennya

BTemplates.com

Page View

Site info


Check Google Page Rank

free counters

Followers

Blog Archive