Melihat sesuatu dari perspektif berbeda, terkadang menjadi solusi kebuntuan.

Selasa, 16 November 2010

Amerika Rancang Dua Superkomputer 20 Petaflop untuk Saingi Superkomputer China

Para insinyur Amerika tidak ingin tinggal diam begitu saja setelah superkomputer dari Negeri Paman Sam ini dikalahkan China. Dua superkomputer yang sedang dibangun Amerika saat ini  dikatakan akan menghasilkan kecepatan kinerja jauh di atas kemampuan superkomputer tercepat dunia saat ini, buatan China.

Dua superkomputer yang sedang dirancang para insinyur di Amerika didesain bisa melakukan 20 petaflop (20 triliun kalkulasi/perhitungan per detik). Woow!!! Kecepatannya akan jauh di atas Tianhe-1, nama superkomputer dari China yang mejeng di daftar nomor satu dari 500 komputer tercepat saat ini dengan kinerja hingga 2,57 petaflop.

Salah satu superkomputer Amerika ini dibangun di Oak Ridge National Laboratory, lokasi yang sama dengan superkomputer Jaguar yang menempati peringkat dua dunia saat ini. Superkomputer satunya dibangun di Lawrence Livermore National Laboratory oleh IBM. Akan tetapi, kedua sistem diproyeksikan baru akan selesai pada tahun 2012.

Dalam daftar Top 500 yang baru saja dirilis, China tidak hanya mencatat superkomputer tercepat tapi juga memasukkan 42 superkomputer di dalamnya melampaui negara maju seperti Jepang, Jerman, dan Inggris. Amerika masih mendominasi dengan 275 dari 500 superkomputer dalam daftar tersebut.

Prosesor Intel masih menjadi pilihan prosesor sebagian besar superkomputer. Dari 500, 398 menggunakan rangkaian prosesor Intel. Sementara AMD hanya digunakan 57 superkomputer. Sebagian besar termasuk buatan China pun masih menggunkan chip buatan perusahaan Amerika termasuk dukungan GPU seperti buatan Nvidia.


sumber : Yahoo.co.id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komennya

BTemplates.com

Page View

Site info


Check Google Page Rank

free counters

Followers

Blog Archive